Senin, 28 November 2016

Cara Mencangkok Sederhana

Assalamualaikum wr. Wb
Hari Senin, 28 November 2016


Saya dan teman-teman kelas IX-7 SMP N 1 Gabuswetan diminta tugas oleh Guru Mata Pelajaran IPA untuk membentuk satu kelompok beranggotakan masing-masing beranggotakan empat siswa bebas memilih kelompok, pada saat mau pulang sekolah, tiba-tiba langit terlihat mendung dan betul saja hujan, pada saat itu kami sudah bersepakat untuk kerja kelompok dirumah saya, saat itu rencana kami hampir saja dibatalkan oleh hujan, tetapi kami beruntung hujan telah berganti menjadi gerimis dan langit pun terlihat terang, kami pun sepakat sepulang sekolah kami ingin kerja kelompok.
Dan akhirnya Kami akan membagikan hasil kerja kelompok kami, tentang mencangkok, kami akan mencangkok pohon jambu air. Sehubungan dengan tugas praktek UAS Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Tahun Ajaran 2016/2017, mudah-mudahan kelompok kami mendapatkan nilai yang bagus.

Setiap praktek pasti membutuhkan ala-alat dan bahan, kami akan menggunakan alat sesederhana mungkin dan seadanya sehingga dapat menghemat biaya.








1.   Memilih Ranting
  Langkah pertama dalam mencangkok adalah menentukan batang yang akan dicangkok. Pilihlah batang yang sehat, lurus, diameter kurang lebih 10 cm, jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua.

2. Sayati dan kuliti Ranting


Berilah sayatan pada ranting yang akan dicangkok, sayati melingkar dipergelangan ranting yang akan dicangkok. Sayatan berguna untuk menandai bagian yang akan dikuliti. Sayatan kurang lebih 10 cm dari batang. Kuliti ranting yang telah disayat melingkar sepanjang 5 cm. Anda dapat menggunakan pisau ataupun cutter. Juga bersihkan lendir kambium yang tersisa.

3. Masukan Tanah Yang Mengandung Unsur Hara dan Bungkus Ranting
 

Masukan tanah ke plastik yang sudah di ikat di ranting pohon, bungkus ranting yang sudah dikuliti menggunakan tanah yang basah dan subur, usahakan semua sayatan terbungkus. Setelah diberi tanah tutuplah dengan plastik agar tanah tidak terlepas tanahnya, ikat plastik pembungkus tanahnya pada ranting. Sering-seringlah disiram agar tanahnya selalu basah. Setelah kurang lebih  beberapa minggu atau setelah keluar akar maka itu berarti sudah siap tanam. Potong pangkal ranting sebelum cangkokan dan hasil cangkok siap tanam. Memang ada banyak keuntungan dan kerugian pada metode cangkok ini, Tingkat keberhasilannya tergantung cara membuatnya yang benar dan dirawat dengan baik.









Nama-nama yang terlibat dalam praktek   


v  Pengambil gambar oleh :
Yopi A.
v  Mempraktekan oleh :
Abdul L.
Aris
Khariddin Wirahadhi K.
Yopi A.
v  Perancang dan alat/ bahan oleh :
Khariddin Wirahadhi K.




v  Lokasi :

Blok saradan, RT/RW 001/001 NO. 27, Desa Gabuskulon, Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Wasalamu’alaikum wr. Wb
Terima kasih atas perhatiannya, mohn maaf jika ada salah kata/berbeda cara penyajian, atau cara yang dilakukan tidak bisa berhasil, kami sudah melakukannya dengan sebaik mungkin.  semoga bermanfaat, dan do’a kan kami kelak nanti kalau sudah dewasa sukses, dan bisa bertemu kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar