Kamis, 13 April 2017

UJIAN PRAKTEK SMP NEGERI 1 GABUSWETAN


Assalammualaikum Wr. Wb.
            Kali ini saya memposting tentang Ujian Praktek SMP N 1 Gabuswetan kelas 9 tahun ajaran 2016/2017 KURIKULUM 2006 (KTSP). Dikarenakan tugas Ujian Praktek Mata Pelajaran TIK (Tekhnolgi Informasi dan Komunikasi), yang dituntut untuk membuat Artikel yang diposting ke Blog. Sekalian menceritakan tentang saya.

Hari jum’at tanggal 7 April 2017 dimulainya kegiatan Ujian Praktek dan selesai pada hari sabtu tanggal 15 April 2017. Kurang lebih menurut pengumuman yang saya lihat di mading SMP N 1 Gabuswetan ada 7 Mata Pelajaran yang dipraktekkan diantaranya, B. INDONESIA, B. INGGRIS, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), PAI(Pendidikan Agama Islam), TIK (Tekhnogi Informasi dan Komunikasi), PENJAS ORKES (Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan), dan SENI BUDAYA. Peserta yang mengikuti Ujian Praktek adalah seluruh Siswa-siswi kelas 9 SMP N 1 Gabuswetan. Setiap siswa-siswi mempunyai kelompok masing-masing. Siswa-siswi kelas 9-1 sampai 9-9 dikelompokan menjadi 7 kelompok. Dan saya berada dikelompok ke 5 dan setiap kelompok mempunyai jadwal masing-masing misalnya, kelompok 5, hari rabu 12 April 2017 Mata Pelajaran TIK, Terus Kelompok 4 Mata Pelajaran PENJAS ORKES.
Ujian Praktek menurut saya dari hari pertama sampai selesai
·       Jadwalnya B. Indonesia
Hari jum’at 7 april 2017 Pukul 07. 30 WIB, setelah sholat dhuha bersama, Ujian Praktek pun dimulai, seperti biasa seluruh kelas 7 dan 8 pun melaksanakan KBM (Kondisi Belajar Mengajar). Sementara itu, kelompok saya jadwalnya B. Indonesia. Sesaat sebelum sholat dhuha saya membeli nasi terus saya bungkus di kantin, untuk dimakan dikelas. Sebelum saya makan saya mempersiapkan perlengkapan sholat dhuha seperti sajadah dan AL-QUR’AN. Saya pun melihat ke arah jam, waktu untuk sarapan pun tidak sempat dan saya pun langsung menuju ke lapangan untuk sholat dhuha bersama.
Setelah sholat dhuha masih ada waktu untuk kurang lebih 10 menit sebelum bel Ujian Praktek dibunyikan, saya pun memanfaatkannya untuk sarapan karena saya terlalu santai jadi bel pun sudah berbunyi, saya masih sarapan, teman-teman saya sudah pada masuk keruang Ujian Praktek B.INONESIA, sementara saya belum. Saya pun langsung mempercepat makannya dan bergegas menuju ruangan tersebut. Sampai disana saya pun langsung duduk dan menunggu tugas Ujian Prakteknya, sambil menunggu saya pun istirahat sejenak dan minum karena perut saya terlalu dipaksa makan cepat.
Tugas pun diberikan, seluruh siswa pun diberikan 1 kertas polio bergaris untuk ditulis, dan tugas yang akan ditulis adalah seluruh siswa harus membuat Teks Pidato yang  bertema Bahaya Narkoba, teks tersebut harus selesai ditulis kurang lebih 2 jam waktunya. Saya pun bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, dan puas karena saya menulis kurang lebih satu lembar penuh di kertas polio bergaris, ya walau pun perut saya terasa mengganggu karena telat sarapan. Setelah selesai saya pun langsung pulang karena, menurut pengumuman kalau sudah melaksanakan tugas dan tidak ada lagi masalah, langsung pulang ke rumahnya masing-masing.
Nah maka dari itu jangan tiru saya ya, kalau ada kegiatan yanag penting sebaiknya sebelum melakukannya kita harus terlebih dahulu mementingkan tubuh kita kalau tidak mementingkan tubuh kita. Gimana mau melakukan kegiatan, tubuh kita butuh makanan kita dipaksa untuk menahan, jadi sebaiknya jangan begitu ya‼!

·       Jadwalnya B. inggris
Hari sabtu tanggal 8 april 2017 Pukul 07. 30 WIB, setelah senam sehat bersama, Ujian Praktek pun dimulai, seperti biasa seluruh kelas 7 dan 8 pun melaksanakan KBM (Kondisi Belajar Mengajar). Sementara itu, kelompok saya jadwalnya B. Inggris, sebenarnnya. Karena beberapa minggu yang lalu seluruh kelas 9 ditugaskan untuk menghafalkan Teks Percakapan yang sudah dibuat oleh guru B.Inggris kelas 9, tugas tersebut untuk Ujian Praktek, teks tersebut ada 4 macam tema percakapan, saya mendapatkan teks yang bertema “Why Must We Pray” (Teks Tema ke-4). Jadi maksudnya darisetiap kelas kan memiliki siswa kurang lebih 40 siswa dari mulai kelas 9-1 sampai 9-9, pada saat pelajaran B. Inggris berlangsung dilakukan undian untuk  mendapatkan teksnya dari mulai tema 1 sampai 4, dan syaratnya adalah setiap siswa mempunyai pasangan untuk mempraktekannya, karena percakapan antara dua orang, jadi setiap satu kelompok memiliki dua orang, bebas memilih sendiri temannya.
Nah yang jadi masalahnya setelah beberapa hari, jadwal Ujian Praktek dan Peserta Ujian Prakteknya ditempel di mading SMP N 1 Gabusweetan, saya kebagian jadwal Prakteknya berbeda dengan teman saya yang menjadi pasangan untuk Praktek B. Inggris. Jadi ada ralat sedikit untuk jadwal Ujian Praktek B. Inggris diganti menjadi per kelas dan kelas saya kebagian, hari rabu tanggal 12 april 2017, berbarengan dengan jadwal Prektek saya mata pelajaran TIK, dan teman saya PENJAS ORKES. Jadi dilaksanakan setelah Praktek tersebut selesai dilaksanakan. Saya pun hari itu mengisi kegiatan di sekolah dengan melihat teman-teman saya yang sedang praktek Seni Budayan, ada yang ngebend nyanyi, ada yang drama, ada juga yang menari kelompok, bahkan ada juga yang tidak melakukan apa-apa (eets saya, bercanda). Selepas kegiatan tersebut selesai saya pulang ke rumah dengan teman saya.

·         Jadwalnya IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Hari senin tanggal 10 april 2017, seperti biasa hari senin adalah harinya upacara bendera merah putih, upacara tersebut adalah upacara terakhir yang diikuti oleh kelas 9. Karena hari-hari berikutnya jadwal Ujiannya padat sampai dengan acara perpisahan. Kembali ke Praktek, hari ini adalah Jadwalnya IPA, setiap siswa-siswi akan mendapatkan tugas prakteknya, sesuai dengan kelompoknya yang sudah tertera di ruangan lab IPA (yang berada lantai atas), ada dua kategori tugas, mempraktekkan tentang gaya medan magnet, dan yang kedua gaya gerak listrik. Awalnya banyak teman–teman saya yang bingung mengerjakannya, terus mereka bisa karena dijelaskan oleh guru pendamping Ujian Praktek.
Saya mendapatkan praktek gaya medan magnet, pertama, alat-alat pun sudah disiapkan terlebih dahulu oleh guru, berupa, dua buah magnet batang, satu botol kecil bubuk besi, dan satu lembar kertas cover. Seluruh siswa yang kebagian gaya medan magnet prakteknya diminta agar, melakukan tiga percobaan. Percobaan pertama letakan satu buah magnet dibalik kertas cover, lalu taburi bubuknya hingga membentuk sebuah gambar. Percobaan kedua sama seperti pertama carannya tetapi, bedanya ada dua buah magnet yang kutubnya berbeda diletakan berhadapan,kedua magnet tersebut tidak di tempelkan hanya berdekatan. Percobaan ketiga sama seperti percobaan yang ketiga, bedanya kutub magnet yang berhadapan harus sama. Setelah itu beri kesimpulan terhadap percobaan tersebut, dan gambar percobaan satu, dua, dan tiga di kertas soal yang sudah disediakan oleh guru.
Awalnya saya juga belum paham betul, terus pada hari sebelum praktek tersebut dilaksanakan saya mengajak teman saya, untuk memastikan seperti apa prakteknya. Jadi saya dan teman-teman saya melakukan percobaan di ruanagn yang sama saat praktek, terlebih dahulu, terus saya tidak bingung lagi dan sudah paham. Setelah Ujian Praktek telah selesai saya langsung membereskan peralatannya, lalu pulang ke rumah.

·         Jadwalnya PAI (Pendidikan Agama Islam)
Hari selasa tanggal 11 april 2017, seperti biasa seluruh siswa sholat dhuha bersama dilapangan upacara. Praktek dimulai Pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai. Praktek kali ini ditugaskan untuk menpraktekan wudhu beserta doa sebelum dan sesudah wudhu, serta sholat subuh dengan bacaan Qunut serta raka’at pertama membaca Qur’ an surat Al-Isra ayat 23, untuk sholat perkelompok maksimal 5 orang, sesuai absen yang ada di guru. Setelah praktek, biasa ada waktu sebelum Pukul 10.00 WIB, saya melihat teman-teman yang sedang praktek terutama yang praktek Seni Budaya. Terus langsung pulang ke rumah.

·         Jadwalnya TIK (Tekhnologi Informasi dan Komunikasi) & B. Inggris
Hari rabu tanggal 12 april 2017, seperti biasa kegiatan dimulai dengan sholat dhuha. Setelah dhuha langsung bergegas menuju ruangan Ujian PraktekTIK, setelah sampai, belum dibuka ruangannya sambil menunggu dibuka dan gurunya datang saya mengingatkan kembali ke teman saya yang akan praktek PENJAS ORKES, agar setelah istirahat dari lelah praktek langsung menuju ke ruangan Ujian Praktek B. Inggris. Setelah dibuka pintunya dan datang gurunya, ruangan pun dibersihkan karena masih ada debu dilantai, setelah selesai dibersihkan, seluruh seluruh siswa memasuki ruangan TIK.Setelah itu seluruh siswa langsung memasuki ruangan. Lalu seluruh siswa diberikan tugasnya yaitu, satu buatlah langkah-langakh Log in ke E-mail dan artikel yang judul postingannya Ujian Praktek SMP N 1 Gabuswetan, di tulis di kertas selembar, terus dikumpulan, dan salin artikel yang telah dibuat ke buku pribadi , untuk dipostingkan ke Blognya masing-masing dan tugas ini diaksanakan dirumah. Setelah diposting wajib mengirimkan kabar atau memberi kabar kepada guru bahwa tugas Ujian Praktek TIK sudah dilaksanakan, melalui E-mail (gmail sudah ditentukan alamatnya).
Setelah selesai menulis saya langsung menuju ke ruangan Ujian Praktek B. Inggris, dan disana ada teman saya yang sudah menunggu, sambil menunggu giliran saya dan teman saya mencoba latihan terlebih dahulu. Setelah dapat giliran saya dan teman saya langsung mempraktekannya di depan guru B. Inggris. Walau pun awalnya teman saya agak sedikit tidak apal, dia terus berusaha melanjutkan percakapannya agar lebih baik, dan terus sampai selesai sampai berhasil (mungkin teman saya sedikit gugup dan gerogi karena Praktek PENJAS ORKES, sudah lari kurang lebih 2, 5 km, sit up, dan bending pula, mungkin itu sebabnya, mungkin dalam pikiran saya). Setelah selesai prakteknya saya fdan teman saya langsung pulang ke rmah karena tidak ada pengumuman dan kegiatan disekolah.
Seperti apa sih teksnya? yang saya praktekan dengan teman saya lihat dibawah ini (A teman saya dan saya B). Menurut pendapat pembaca sulit, susah, atau gampang, mudah, atau biasa saja atau pun luar biasa??
“Why Must We Pray”
A : Hello Good Morning?
B     :Hello Good Morning
A :  How Are You?
B : I Am Fine. Thank You. And You?
A : Fine Thanks. Where Are You Coming From?
B : I Am From The Mosque   
A : What Are You Doing In The Mosque?
B : I Am Praying. Of Course.
A : Why Must We Pray?
B : Because We Are Muslim. All Muslims Are  Obligated By Allah To Pray?
A : How If We Don’t Do It?
B : Allah Will Give Punishment In The Here After.
A : How Many Times Must We Pray In A Day?
B : Five Times
A : What Are The Names Of The Prayer?
B : Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, And Isya.
A : Ok. I’ll Do It.

·         Jadwalnya PENJAS ORKES
            Hari kamis tanggal 13 April 2017, seperti biasa sebelum Ujian Praktek dilakasanakan sholat dhuha bersama. Setelah kegiatan tersebut selesa, saya dan teman-teman saya yang jadwalnya sama dengan saya, bersiap mengganti pseragam, dengan kaos olah raga, sebelumnya saya memutuskan ingin memakai celana pendek dan sepatu olah raga biar tidak risih (umumnya siswa laki-laki memakai kaos olah raga denga ceelana panjang, dan tidak sedikit yang tidak memakai alas kaki, tetapi ada banyak yang memakai sepatu yang dipakai hari-hari biasa disekolah), tetapi tidak sedikit teman saya yang menolak ajakan saya yang ingin memakai celana pendek dan sepatu olah raga, walau pun sudah diperbolehkan oleh guru pendamping Ujian Praktek tersebut. Tetapi ada juga teman-teman saya yang ingin memakai celana pendek dan sepatu olah raga, walau jumlahnya tidak banyak, dan saya pun merasa ada yang menemani saya (dalam hati), saya pun menanyakan kepada teman-teman saya yang tidak ingin memakai celana pendek dan sepatu olah raga, jawabannya beragam, ada yang tidak punya sepatu olah raga, tidak punya celana pendek, tetapi jawaban yang pasti membuat merekatidak ingin melakukanya adalah sebab malu dan gengsi (padahal Ujian Praktek sebelumnya kelas 9 yang dulu, yang sudah lulus, banyak yang memakai celana pendek dan sepatu olah raga, menurut apa yang saya perhatikan pada saat saya kelas 7 dan 8).
            Seluruh siswa dikumulkan didalam ruangan Ujian Praktek untuk absen dan diberi petunjuk cara preakteknya, serta pemanasan sebentar terlebih dahulu. Seperti apa sih petunjuknya, pertama lari dari SMP N 1 Gabuswetan menuju daerah kesambi yang kurang lebih jaraknya 2,5 km, terus kalau sudah sampai tujuan waktunya di catat, dan disana pun sudah ada yang mencatat, setelah itu kembali ke SMP N 1 gabuswetan dengan cara jalan santai atau pun, kata anak gaul mengompreng (meminnta tumpangan mobil yang arah tujuannya sama tapi gratis, free, tidak ada pungutan biaya, dan hanya bekal berhati-hati dan waspada), terus setelah sampai istirahat sebentar lalu dikumpulkan dilapangan SMP N 1 Gabuswetan, lalu bersiap untuk melakukan bending dan sit up dengan dua orang bebas memilih temannya dalam waktu 1 menit dan dicatat berapa kali bending dan sit upnya.
            Saya pun bersiap untuk melakukan praktek lari, pertama target saya harus tercapai yaitu 10 besar, dan saya memulainya dengan bismilah dan yakin setelah itu saya berhasil melakukannya dengan catatan waktu kurang lebih 13 menit beda kurang lebih 2,5 menit dari yang sampai pertama. Setelah itu saya istirahat sebentar dan langsung kembali ke SMP N 1 Gabuswetan, saya pu dan teman saya inisiatif ingin  mengompreng, pertama saya daan teman saya menyetop mobil pertama, tetapi apa yang terjadi setelah naik mobil tersebutkan mulai bergerak, dan apesnya berhenti kurang lebih hanya 5 meter dari tempat disetop (sial mobil pertama gagal), tetapi beruntung ada teman saya yang lainnya yang menyetop mobil lainnya dan sukses setelah naik, berhenti sampai tujuan yaitu SMP N 1 Gabuswetan. Setelah sampai ditempat teman-teman dan saya istirahat terlebih dahulu, stelah itu saya dan teman-teman langsung melakukan bending terlebih dahulu mengikuti aba-aba guru pendamping dan saya pun mencatat 94 kali bending dalam 1 menit (target yang kurang memuaskan menurut saya, tergetnya 120 kali), dan setelah itu sit up lagi-lagi saya mendapatkan hasil yang kurang memuaskan yaitu 39 kali sit up dalam 1 menit (target 60 kali), tetapi apa daya tubuh sudah melakukan yang terbaik (itu artinya tubuh sudah sagat lelah), saya sangat merasa puas dan senang. Setelah praktek dan tidak ada kegiatan, saya dan teman saya langsung pulang ke rumah. Untungnya besok tanggal 14 april 2017 libur alias tanggal merah. Jadi saya mempunyai waktu untuk istirahat sebentar karena hari-hari berikutnya pasti sangat melelahkan karena nanti, ada USBN, US, dan kegitan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), dan masih banyak lagi. (waw.......banyak ya).

·         Jadwalnya Seni Budaya, Akhir dari Ujian Praktek
Hari sabtu tanggal 15 April 2017, seperti biasa hari sabtu senam bersama terlebih dahulu, setelahsenam seluruh siswa-siswi kelas 9 pun bersiap-siap untuk Ujian praktek. Hari tersebut adalah hari dimana saya foto dengan hasil kerajinan tanagan saya sendiri yaitu membuat topeng dengan bahan kertas koran dan semen putih dan foto dengan hasil kerajinan teman saya yang membuat relief dari bahan semen putih, untuk nilai Ujian Praktek Seni Budaya, saya dan teman saya pun mendapatkan nilai yang bagus. Kan tidak ada kegiatan setelah itu, sementara waktu masih pagi, awalnya saya berniat pulang, tetapi ada pengumuman dari sekolah, setelah semua kegiatan kelar. Karena waktunya lama saya menunggu dengan menonton teman-teman saya yang sedang praktek seni budaya, ada yang bernyanyi, drama, dan lain-lain. Setelah pengumuman diberitahu, saya pun langsung pulang.

Terima kasih,kurang dan lebihnya mohon maaf, sudah itu saja yang saya ingin posting, semoga saya dan teman-teman saya mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.
            Wasalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar